Sabtu, 14 Juli 2007

Woter Boom Untuk Siapa

Hari minggu aku jalan ke pantai widuri. Pemda tengah membuat proyek pariwisata woter boom di pantai ini. Sungguh proyek yang tak sedikit menghabiskan uang tentunya. Buat siapa sebenarnya proyek semacam ini? Aku tak habis mengerti atau mungkin jalan pikiranku tidak sampai untuk memahami gagasan dan kebijakan Pemda.

Yang Aku tahu, pantai Widuri itu tempat rekreasi orang-orang gunung. Yang datang pun hanya orang Pemalang, yang mungkin ingin sedikit melepas lelah. Rekreasi bagi orang-orang di tempat ku, bukan merupakan kebutuhan yang mendesak. Orang-orang sibuk bertani setiap harinya, sibuk berdagang. Untuk siapakah proyek seperti ini? Jarang orang dari luar kabupaten yang berkunjung ke pantai Widuri ini.

Adakah ini hanya proyek mercu suar belaka? Paling tidak itu yang melintas di benak pikiranku. Kekuatiranku adalah jika kelak selesai, tidak akan membawa manfaat yang besar. Investasi yang dikucurkan oleh pemerintah daerah, jangan-jangan in come yang masuk tidak sebanding biaya investasi yang di tanam.

Sepulang dari Pantai Widuri, aku merenung dan kembali mencari jawab, sebenarnya buat siapa pembangunan ini. Pembangunan untuk masyarakat atau pembangunan di masyarakat? Jika pembangunan pariwisata untuk masyarakat, tentunya akan dilandasi oleh pemikiran yang mendalam bahwa untuk sementara ini, pantai Widuri dikunjungi oleh orang-orang gunung yang hanya mampu membayar tiket masuk tidak terlalu besar.

Aku berkesimpulan, pembangunan water boom di pantai Widuri itu adalah pembangunan di Pemalang। Membangun sarana pariwisata yang tidak merupakan kebutuhan masyarakat, jadi lebih merupakan sebagai proyek mercu suar yang sekilas mentereng semata.
Technorati Profile

Tidak ada komentar:

Design | Elque 2007